Tuntunan Kehamilan dan Persalinan Islami

0
792
Bismillah…
Menarik sekali buku dengan judul “Tuntunan Kehamilan dan Persalinan Islami”. Saya jadi berfikir andai saja buku ini terbit saat istri saya masih produktif hamil dan melahirkan, maka sudah pasti buku kecil ini akan menjadi bacaan favoritnya.
Berandai-andai itu dilarang jika hanya berhenti pada “andai” saja tanpa tindakan nyata untuk mewujudkan yang diandaikan tersebut. Buku ini seperti “mimpi yang berwujud” karena memberi tuntunan kepada muslimah yang awam bagaimana seharusnya menjalani masa kehamilan hingga tiba masa persalinannya. Tapi tentu saja kita tetap mengharuskan peran besar dan motivasi suami sebagai pemdamping dan calon ayah bagi janin yang dikandung istrinya serta support dari orang sekelilingnya.
Dalam Al Qur’an ilustrasi tentang kehamilan yang paling pas untuk dijadikan acuan adalah kisah kehamilan Maryam binti Imran. Sebagai perempuan yanng terdidik untuk selalu menjaga agama dan kehormatan diri serta keluarga, Maryam mendapat ujian besar, hamil tanpa suami. Dalam keadaan seperti itu Maryam tetap bertahan menjaga kehamilannya bahjan sampai harus menyembunyikan diri dari lingkungan sosialnya. Maryam sabar menjalani kewajibannya sebagai ibu dengan hanya memberi nutrisi yang dibutuhkan diri dan janin yang dikandungnya dengan mengkonsumsi kurma. Hal tersebut berlangsung sampai tiba masa kelahiran Isa bin Maryam. Satu-satunya bayi laki-laki yang namanya dinisbahkan pada ibunya sendiri yang sehat dan kuat secara fisik dan mental.
Kisah ini menginspirasi kita bahwa seberat apapun beban kehamilan yang bahkan dalam Al Qur’an dibahasakan sebagai “wahnan ala wahnin” dengan terjemahan bebas “derita di atas derita” hanya bisa diatasi dengan kedekatan kita pada Allah. Karena itulah, menjadi tugas penting bagi suami dan lingkungan untuk memberi kesempatan yang seluas-luasnya bagi muslimah hamil untuk beribadah dengan nyaman agar mereka selalu berada di kondisi yang dekat dengan Allah.
Hormati perempuan hamil dengan memberikan haknya untuk menjalani kehamilan yang bebas tekanan karena mereka selalu merasa dilindungi dan dinaungi Allah. Lewat kesenangannya beribadah agar proses kehamilan sampai kelahirannya berjalan indah dan sempurna sehingga anak yang dilahirkan hanyalah anak-anak yang sholeh, cerdas dan kuat fisiknya.
Demikianlah, setelah mengucap syukur Alhamdulillah atas keberadaan buku kecil ini, saya juga mengucap jazakallah khair kepada penulis. Semoga buku kecil ini menjadi amal jariyah yang dapat dinikmati oleh pembaca sebagai tambahan pengetahuan tentang bagaimana menjalani masa kehamilan bisa dimengerti oleh orang banyak. Barakallah fikum jamie’an.
Surabaya, 1 Sya’ban 1436 H / 19 Mei 2017
H. Muhammad Sholeh Drehem, Lc., M.Ag (Ketua Ikatan Dai Jawa Timur)

Tertarik… Minat…. 

Dapatkan bukunya di koperasi Al Falah

Harga normal Rp. 20.000, Khusus bulan Ramadhan Diskon 50% menjadi hanya Rp. 10.000

SHARE
Previous articleShifat Sholat Nabi
Next articleKeutamaan Berdzikir Kepada Allah SWT
Al-Qur'an adalah kitab suci yang merupakan sumber utama dan pertama dari ajaran Islam untuk dijadikan petunjuk bagi kehidupan umat manusia. Al-Qur'an diturunkan Allah kepada Rasulullah sebagai salah satu rahmat yang tidak ada bandingannya. Lembaga Kursus Al Qur’an Al Falah merupakan organisasi yang berupaya mengemban kewajiban dan tanggung jawab dalam mempelajari sekaligus mengajarkan Al Qur’an.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here