Re-orientasi Visi Misi dengan berdo’a dan berdzikir

Jadikanlah Al Qur'an sebagai imam, cahaya penerang dalam kehidupan,, petunjuk ke jalan yang benar serta rahmat bagi alam semesta.

0
2297

Ya Allah SWT curahkan rahmat-Mu kepada kami, lantaran belajar mengaji dan mengkaji Al Qur’an, memahami, menghayati, mengamalkan dalam kehidupan, mendakwahkan serta membelanya jika dihina dan dilecehkan. Jadikanlah Al Qur’an bagi kami sebagai imam, pemimpin, cahaya penerang dalam kehidupan, petunjuk ke jalan yang benar serta rahmat bagi alam semesta.

Oleh karena itu prioritaskan isilah akal fikiran dan hati dengan hal-hal yang prinsip bukan yang pernik.

Ya Allah SWT ingatkan kami dengan Al Qur’an hal-hal apa saja yang kami lupa atau khilaf, dan ajarkan kepada kami dari seluruh isi kandungannya sehingga dapat menutupi kebodohan dan kelemahan kami. Anugerahkan kepada kami membacanya di sepanjang malam dan siang harinya, dan jadikanlah Al Qur’an bagi kami sebagai pembela di mahkamah-Mu nanti, bukan justru mengadili kami.
Ya Allah SWT ya Tuhan pencipta, pemilik, pengatur, pemelihara alam semesta. Hanya kepada-Mu kami beribadah dan hanya kepada-Mu kami memohon pertolongan.

Renungan

Suatu tempat / bejana / wadah bisa penuh dengan benda-benda, barang-barang yang dimasukkan ke dalamnya, kecuali wadah tempatnya ilmu yaitu akal fikiran dan hati, berapapun besar dan banyaknya akan dapat menampungnya, itu jika bersih dan jernih. Oleh karena itu prioritaskan isilah hal-hal yang prinsip bukan yang pernik.
Dibawah ini ada benda-benda dari yang besar hingga yang kecil dan halus, seperti batu – kerikil – pasir – air, bagaimana caranya agar semua benda ini masuk dalam bejana / wadah, tentu bagi yang cerdas intelektualnya, ritual dan spiritualnya akan memasukkan benda itu dari urutan yang besar – pokok – prinsip, baru menyusuli benda-benda kecil berikutnya. Sehingga seluruh benda itu tertampung dalam bejana / wadah, kemudian berguna sebesar-besarnya bagi hidup dan kehidupan. Insyaa Allah.


Sesungguhnya Al Quran ini memberikan petunjuk kepada (jalan) yang lebih lurus dan memberi khabar gembira kepada orang-orang Mu’min yang mengerjakan amal saleh bahwa bagi mereka ada pahala yang besar, (QS 17 : 9)
Dan Kami turunkan dari Al Quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al Quran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian. (QS 17 : 82)
Dari Utsman radliallahu ‘anhu, dari Nabi beliau bersabda: “Orang yang paling baik di antara kalian adalah seorang yang belajar Al Qur`an dan mengajarkannya”. (Hadis riwayat Bukhari dan Muslim)
Dari Abu Musa Al Asy’ari ia berkata; “Rasulullah bersabda: ‘Perumpamaan seorang Mukmin yang suka membaca Al Qur’an seperti buah Utrujah, baunya harum dan rasanya enak…” (Hadis riwayat Bukhari dan Muslim)
Dari Abu Umamah Al Bahili ia berkata; Saya mendengar Rasulullah e bersabda: “Bacalah Al Qur`an, karena ia akan datang memberi syafa’at kepada para pembacanya pada hari kiamat nanti…” (Hadis riwayat Muslim)
Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah bersabda: “Janganlah kalian jadikan rumah-rumah kalian sebagai kuburan, sesungguhnya syetan itu akan lari dari rumah yang di dalamnya dibacakan surat Al Baqarah”. (Hadis riwayat Muslim)
SHARE
Previous articleHADITS-HADITS TENTANG KEUTAMAAN MEMBACA AL-QUR’AN
Next articleManhaj Tarbiyah Untuk Iqomatuddin
Al-Qur'an adalah kitab suci yang merupakan sumber utama dan pertama dari ajaran Islam untuk dijadikan petunjuk bagi kehidupan umat manusia. Al-Qur'an diturunkan Allah kepada Rasulullah sebagai salah satu rahmat yang tidak ada bandingannya. Lembaga Kursus Al Qur’an Al Falah merupakan organisasi yang berupaya mengemban kewajiban dan tanggung jawab dalam mempelajari sekaligus mengajarkan Al Qur’an.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here